DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (STUDI KASUS PADA CIVITAS AKADEMIKA DI LINGKUNGAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Nababan, Iwan Murfy
Sularsih , Anggarawati
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2014-12-11 09:50:54 
Abstract :
Berkaitan dengan konsumen dengan perilakunya, aspek yang menarik untuk dikaji adalah loyalitas konsumen. Para pelaku pasar sekaligus sebagai pelaku persaingan saat ini saling berlomba untuk memenangkan kompetisi yang sangat terjadi saat ini. Dengan semakin banyaknya perusahaan dengan merek produk-produknya masuk ke dalam pasar konsumen yang sama membuat produsen tertantang dan bekerja lebih keras untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Para ahli pemasaran sepakat bahwa mempertahankan konsumen yang loyal lebih efisien dari pada mencari pelanggan baru. Karena itulah, upaya menjaga loyalitas konsumen merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan oleh produsen. Dahulu orang menganggap tujuanutama pemasar ialah mencapai kepuasan maksimal pelanggan, namun tujuan seperti itu saat ini sudah bergeser karena yang lebih penting justru loyalitas konsumen. Alasannya, dengan memiliki basis pelanggan yang loyal sama artinya dengan memperoleh kepastian meraih pendapatan di masa depan. Karena, pelanggan loyal diharapkan tetap melakukan transaksi di waktu mendatang. Berdasarkan prasurvei yang dilakukan peneliti diketahui mayoritas konsumen masih menggunakan seeda motormerek Honda, walaupun saa ini telah hadir merekmerek sepeda motorlainnya seperti sepeda motor - sepeda motormerek China. Fenomena seperti ini tentu saja menarik untuk dilakukan kajian mendalam dan ilmiah, sehingga diketahui faktor apakah yang menyebabkan konsumen masih menggunakan sepeda motor merek Honda. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan produk sepeda motormerek Honda; 2) mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan produk sepeda motormerek Honda; dan 3) mengetahui pengaruh kepercayaan merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan produksepeda motormerek Honda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalahmasalahberupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka-angka statistik. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah pengguna sepeda motormerek Honda sebanyak 56 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil sebagai : (1) Kepercayaan merek, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap produk sepeda motormerek Honda berada pada kategori sangat tinggi; (2) Variabel kepercayaan merek dan kepuasan konsumen secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan produk sepeda motormerek Honda dengan persentase pengaruh sebesar 73,2%; dan (3) Secara parsial variabel kepercayaan merek dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan produk sepeda motormerek Honda dengan variabel kepercayaan merek sebagai variabel yang berpengaruh dominan.  
Institution Info

Universitas Bengkulu