DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERIKLANAN PADA INDUSTRI MAKANAN KHAS DI KOTA BENGKULU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Wijaya, Sandro Heru
Seprianti , Eka Putri
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2014-12-11 12:17:05 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap periklanan pada Industri Makanan Khas Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan dan memaparkan suatu fenomena tertentu yang terjadi di lapangan melalui penyebaran kuesioner dan observasi langsung. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli makanan khas Bengkulu. Metode penetapan responden digunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang responden yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan cara diisi langsung di lokasi penelitian. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dengan bantuan distribusi frekuensi, nilai rata-rata dan persentase. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil : (1) Periklanan radio yang dilakukan oleh industri makanan khas Bengkulu telah berjalan baik dan memperoleh perhatian konsumen; (2) Konsumen berpendapat bahwa kegiatan periklanan surat kabar yang dilakukan oleh Industri makanan khas Bengkulu telah berjalan baik dan mampu memberikan dampak positif di hati konsumen; (3) Periklanan media televisi yang dilakukan oleh Industri makanan khas Bengkulu telah mampu menambah kepercayaan konsumen terhadap Industri makanan khas Bengkulu; (4) Kegiatan periklanan menggunakan media format kecil yang dilakukan oleh Industri makanan khas Bengkulu mampu memberikan informasi yang baik terhadap keberadaan Industri makanan khas Bengkulu; dan (5) Kegiatan periklanan menggunakan media format besar yang dilakukan oleh Industri makanan khas Bengkulu telah berjalan baik dan memperoleh perhatian konsumen. Kondisi ini tentu saja dapat meningkatkan kepercayaan di hati konsumen  
Institution Info

Universitas Bengkulu