Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Oktavia, Yosi
Muhartini , Salim
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2014-12-11 15:52:43
Abstract :
Dalam suatu organisasi Sumber Daya Manusia memegang peranan yang sangat penting, karena sumber daya manusia adalah harta yang paling penting yang dimiliki oleh suatu organisasi. Salah satu fungsi penting dari pada suatu organisasi adalah fungsi kepegawaiannya, atau dengan kata lain fungsi dari manajemen sumber daya manusia. Dimana bagian ini dituntut untuk dapat dengan baik melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam meningkatkan produktifitas kerja karyawan, karena dengan adanya disiplin kerja karyawan akan mampu mencapai produktifitas kerja yang maksimal Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui disiplin kerja pegawai negeri sipil di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu ditinjau dari waktu, peraturan organisasi, aturan perilaku, dan peraturan lainnya. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil non kependidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu. Dalam penelitian ini sumber data atau jenis data yang dikumpulkan adalah data primer bersifat kualitatif. Kemudian untuk instrumen yang digunakan adalah kuesioner langsung, dengan cara pertanyaan atau pernyataan dikirimkan langsung kepada orang yang dimintai pendapat dan keyakinannya atau menceritakan tentang keadaan dirinya sendiri. Dalam menganalisis data penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk menjawab perumusan masalah mengenai bagaimana disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu. Analisis data kualitatif ini berpedoman pada data mentah yang diseleksi, disederhanakan, dan diambil intinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata jawaban responden sebesar 3,94. Nilai tersebut berada pada kategori jawaban baik. kondisi ini berarti bahwa mayoritas pegawai pada Fakultas Ilmu Sosial dan Illmu Politik Universitas Bengkulu ditinjau dari aturan waktu, peraturan organisasi, aturan perilaku dalam pekerjaan dan peraturan lainnya memiliki disiplin kerja yang baik. Indikator disiplin kerja yang paling dominan mendasari pegawai dalam bekerja adalah ?Pegawai ke kantor cara berpakaiannya sopan? dan ?Pegawai selalu melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan jabatan, tugas dan tanggung jawab?. Sedangkan indikator disiplin kerja yang memperoleh nilai rata-rata terendah adalah ?Pegawai selalu berhubungan dengan unit kerja lain?. Untuk mencapai hasil yang maksimal hendaknya melakukan evaluasi kerja pegawai sesuai dengan jabatan, tugas, dan tanggung jawab sehingga pegawai mentaati aturan yang boleh dilakukan untuk menghindari pemberian sanksi-sanksi jika ada pegawai yang melakukan kesalahan/pelanggaran atas aturan dan peraturan pada organisasi tersebut. Disiplin kerja pegawai yang baik akan membantu dalam mencapai produktifitas kerja yang maksimal sehingga organisasi dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan. Oleh karena itu organisasi harus menerapkan peraturan-peraturan agar disiplin kerja pegawai dapat terjaga.