Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Pratama , Mufaizar Ikwan
Loesida , Roeliana
Alimansyah, Alimansyah
Subject
JA Political science (General)
Datestamp
2014-12-18 15:06:00
Abstract :
Skripsi ini berjudul Analisis Kualitas Pelayanan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil di PT.TASPEN (Persero) Cabang Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan yang diselenggarakan oleh PT.TASPEN (Persero) dalam melaksanakan Program Pensiunan PNS. Aspek penelitian ini meliputi ketepatan waktu, ketepatan administrasi, ketepatan orang, ketepatan jumlah dan ketepatan tempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Sasaran penelitian ini terdiri dari 6 orang pegawai TASPEN dan 20 orang nasabah TASPEN dengan menggunakan teknik Sampling Insidental, penelitian ini dilakukan selama seminggu. Dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk tekstular atau kalimat maupun dalam bentuk angka dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa standar operasional prosedure TASPEN dengan 5T yaitu untuk ketepatan waktu, ketepatan administrasi dan ketepatan tempat sebagian nasabah ada yang merasa puas menunjukan sesuai dengan SOP TASPEN sehingga pelayanan yang diberikan sudah berkualitas dan sebagian lagi tidak puas menunjukan belum sesuai dengan SOP TASPEN sehingga pelayanan yang diberikan belum berkualitas. Sedangkan untuk ketepatan orang dan ketepatan jumlah para nasabah merasa puas menunjukan sesuai dengan SOP TASPEN sehingga pelayanan diberikan sudah berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada PT.TASPEN (Persero) sudah cukup baik namun hasilnya belum maksimal sehingga pelayanan yang diberikan kepada nasabah masih belum memenuhi harapan nasabah. Dan disarankan agar PT.TASPEN (Persero) meningkatkan kualitas pelayanannya, karena pelayanan sangat berpengaruh terhadap baik atau buruknya perusahaan tersebut.