DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT JALAN RSUD HASANUDDIN DAMRAH MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Julianto , Rupin
Achmad , Aminudin
Nursanty, Nursanty
Subject
JA Political science (General) 
Datestamp
2014-12-19 15:05:40 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keluhan pasien rawat jalan seperti persyaratan, informasi dan petunjuk alur pelayanan tidak tersedia, dengan permasalahan tersebut penulis tertarik mengangkat judul Analisis Prosedur Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran tentang Prosedur pelayanan administrasi pasien rawat jalan RSUD Hasanudin Damrah Manna. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya yaitu: kasubbag tata usaha, petugas pendaftaran, pegawai poliklinis, petugas apoteker dan pasien rawat jalan. Aspek-aspek yang diteliti sesuai SOP adalah (1). Pendaftaran pasien rawat jalan, (2). Pengisian buku register pendaftaran rawat jalan, (3). Penulisan nama pasien, (4). Penomoran rekam medis, (5). Pengisian rekam medis rawat Jalan, (6). Pelayanan resep obat, (7). Pengembalian dokumen rekam medis rawat jalan. Dari hasil analisa data yang dikumpulkan maka penulis menarik kesimpulan prosedur pelayanan administrasi pasien rawat jalan RSUD Hasanudin Damrah Manna Bengkulu Selatan, yaitu (1). Persyaratan pendaftaran pasien rawat jalan yang diminta oleh petugas tidak tercantum dalam SOP belum terpenuhi, (2). Pengisian buku register pendaftaran rawat jalan belum ada daftar kunjung, asal pasien, dan diagnosanya yang sesuai dengan SOP, (3). Penulisan nama pasien belum sepenuhnya sesuai SOP seperti nama awal gelar, (4). Penomoran rekam medis sesuai SOP yaitu ditulis 6 angka diambil dari buku register pendaftaran, (5). Pengisian rekam medis rawat jalan sesuai SOP, yang diisi oleh petugas pendaftaran dan dokter/petugas poliklinik, (6). Pelayanan resep obat dijalankan petugas sesuai dengan SOP, (7). Pengembalian dokumen rekam medis rawat jalan tidak sesuai dengan penggolongan pada rak yang tercantum dalm SOP. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa prosedur pelayanan rawat jalan masih ada yang belum terlaksana.  
Institution Info

Universitas Bengkulu