DETAIL DOCUMENT
GENERALISASI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DALAM IKLAN SARUNG GAJAH DUDUK VERSI IDUL FITRI 1434 H
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Wibisono , Gilang Tri
Wahyu , Widiastuti
Yuliati, Yuliati
Subject
JA Political science (General) 
Datestamp
2014-12-22 11:12:49 
Abstract :
Keragaman budaya Indonesia adalah keniscayaan yang ada pada bangsa Indonesia. Kekayaan alam dan tradisi bersatu dalam kemajemukan masyarakat pada segala aspek kehidupan. Generalisasi merupakan upaya menyamakan beberapa objek baik berwujud.dan berupa konsep. Penelitian ini membahas bagaimana keragaman budaya Indonesia digeneralisasikan melalui tayangan iklan sarung gajah duduk versi idul fitri 1434 H. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskirptif kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske dan konsep paradigma-sintagma Ferdinand de Saussure. Pada penelitian ini peneliti menemukan tiga kepentingan besar, pertama merupakan langkah retradisional nilai dan sejarah budaya bangsa melalui tayangan iklan televisi yang dilakukan oleh produsen kain sarung gajah duduk. Hal ini bersifat edukasi untuk mengingatkan kembali keragaman dan kekayaan bangsa melalui tayangan iklan televisi yang memilki khalayak luas. Kedua, detradisional kebudayaan sarung dan kain daerah yang digeneralisasikan melalui produk sarung gajah duduk yang terdapat pada tradisi yang ditampilkan dalam tayangan iklan ini. Ketiga, bentuk strategi pemasaran produk kain sarung dengan membawa konsep budaya ke dalam tayangan iklan yang berorientasi keuntungan. Ini yang menjadi nilai sesungguhnya dari tayangan iklan ini, dimana pengiklan memanfaatkan konsep budaya sebagai pendekatan yang humanis kepada masyarakat yang dalam hal ini merupakan sasaran dari penjualan produk kain sarung gajah duduk.  
Institution Info

Universitas Bengkulu