DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK PADA KELOMPOK B1 TK AISYIYAH 1 KECAMATAN CURUP TENGAH KABUPATEN REJANG LEBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Betharia, Elfia
Manap, Somantri
Norman, Syam
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-01-15 10:41:23 
Abstract :
Kemampuan komunikasi selalu dibutuhkan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Berdasarkan pengamatan di lapangan, kemampuan komunikasi pada anak TK Aisyiyah 1 Curup Tengah masih dalam taraf rendah, sehingga anak tidak untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan. Peningkatan kemampuan komunikasi pada anak tersebut dapat dilakukan melalui metode bermain peran yang terdiri dari dua jenis yaitu metode bermain peran makro dan mikro. .Pokok permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui metode bermain peran pada peserta didik. Penelitian dilaksanakan di Kelompok B1 TK Aisyiyah Curup Tengah. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk anak dan guru yang dinilai selama pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80%. Berdasarkan hasil penilaian observasi didapatkan hasil pra siklus yang mendapat kategori baik hanya 10% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 60%, namun karena belum mencapai indikator keberhasilan maka dilakukan siklus II dan hasilnya meningkat menjadi 85%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dan dapat dikatakan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. 
Institution Info

Universitas Bengkulu