Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Mulia, Mulia
Rambat, Nur Sasongko
Agus , Joko Purwadi
Subject
L Education (General)
Datestamp
2015-01-19 09:51:01
Abstract :
Masalah yang dianalisa dalam skripsi ini adalah Apakah dengan menggunakan teknik garis putus-putus dapat meningkatkan kreativitas kecerdasan visual pada anak usia 3-5 tahun PAUD Mulia Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peningkatan kreativitas kecerdasan visual anak usia 3-5 tahun PAUD Mulia Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara, dengan menggambar menggunakan teknik garis putus-putus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak PAUD Mulia yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Teknik analisis data menggunakan metode statistik sederhana berupa persentase. Setelah melakukan penelitian maka diperoleh persentase menggambar siklus I dan siklus II sebesar 22.22%, dan terjadi peningkatan siklus III sebesar 88.89% dengan kategori baik dan mewarnai siklus I dan siklus II sebesar 0% terjadi peningkatan pada siklus III sebesar 88.89% dengan kategori baik. Jadi kegiatan menggambar menggunakan garis putus-putus dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan visual anak karena sudah mencapai standar indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%.