DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B PAUD AULIA KABUPATEN KEPAHIANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Sari, Nirmala
Amril, Canrhas
Yulidesni, Yulidesni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-01-20 09:18:12 
Abstract :
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan berbicara anak pada kelompok B PAUD AULIA KabupatenKepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara melalui bercerita menggunakan media boneka tangan pada kelompok B PAUD AULIA kebupaten kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak-anak PAUD AULIA sebanyak 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi data yang diperoleh dan dianalisa menggunakan teknik hitung persentase. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus pada setiap siklus ada dua pertemuan. Dari hasil penelitian siklus l anak yang mendapatkan nilai baik sebanyak 2 orang (20%), anak dapat bercerita secara sederhana, anak dapat menghitung jumlah mata dan telinga boneka tangan 2 orang (20%), anak yang belum bisa bercerita dan menghitung sebanyak 6 orang (60%). Sedangkan pada siklus ll anak dapat bercerita dengan baik sebanyak 8 orang (80%), anak dapat berhitung sebanyak 8 orang (80%),dan dikatagorikan hasil penelitian penelitian ini berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa antara siklus l dan siklus ll mengalami peningkatan dalam kemampuan berbicara pada anak kolompok B PAUD AULIA Kabupaten Kepahiang.Saran untuk pengelola dan dewan guru untuk dapat menggunakan media boneka tangan pada pembelajaran yang lainnya. 
Institution Info

Universitas Bengkulu