DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN KURIKULUM 2013 OLEH KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Adi Kusuma , Jarnawi
Aliman , Siana
Azwandi, Azwandi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-02-25 10:32:59 
Abstract :
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen Kurikulum 2013 oleh kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur, 2) pengorganisasiaan penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur, 3) pelaksanaan penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur, 4) pengawasan penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur, dan 5) menangani hambatan dan kendala penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada studi yang mendalam tentang manajemen kepala sekolah dalam penerapan Kurikulum 2013 di SD Negeri 09 Arga Makmur sesuai dengan kenyataan yang ada dilapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, semua guru, staf/tenaga kependidikan yang ada di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui pengamatan (observasi) secara langsung ke sekolah, melakukan wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada responden, dan studi dokumentasi dengan mengumpulkan bahan-bahan dalam bentuk surat, agenda kegiatan dan foto-foto yang akan digunakan untuk kelengkapan informasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Negeri 09 Arga Makmur menunjukkan bahwa semua tahapan penyelenggaraan kurikulum 2013 perencanaan, pengorganisaan, pelaksanaan, dan pengawasan, serta menangani hambatan atau kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dilaksanakan dan dikelola dengna baik oleh kepala sekolah, hal ini ditunjukkan oleh bukti-bukti dilapangan dan bukti-bukti berupa dokumen: SK pembentukkan tim pengembang kurikulum, agenda rapat sosialisasi isi kurikulum, dokumen kurikulum, dan instrumen hasil supervisi terhadap pelaksanaan pembelajaran guru dikelas. Hasil penelitian secara umum sebagai berikut: Pertama, manajemen kepala sekolah terkait dengan penyusunan perencanaan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur tahun pelajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut: 1) Kepala sekolah membentuk tim pengembangan atau penyusunan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, pengawas, tata usaha, kepala desa dan komite sekolah untuk merencanakan penyusunan kurikulum 2013; 2) Tim pengembangan atau penyusunan menyusun draft awal kurikulum 2013; 3) Melakukan lokakarya penyusunan kurikulum 2013 melibatkan komite sekolah, nara sumber, dan pihak lain yang terkait termasuk pihak dinas pendidikan; 4) Melakukan revisi dan finalisasi, pemantapan dan penilaian, serta pengesahan. Kedua, berdasarkan analisi terhadap dokumen kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur tahun pelajaran 2014/2015, ternyata dokumen kurikulum 2013 berisi: 1) Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan, Satuan Pendidikan; 2) Muatan Kurikulum 2013, dimana dalam muatan kurikulum terdapat muatan kurikulum nasional, muatan kurikulum daerah (termasuk muatan lokal), muatan kurikulum kekhasan sekolah (termasuk ekstrakuler); 3) Pengaturan Beban Belajar; 4) Penilaian dan Kelulusan; dan 5) Kalender Pendidikan. Ketiga, manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur tahun pelajaran 2014/2015 diantaranya: 1) Memfasilitasi tersedianya berbagai sumber belajar; 2) Memfasilitasi adanya forum pembetukan pusat sumber belajar; 3) Monitoring dan evaluasi keterlaksanaan serta hambatan-hambatan yang dialami pada saat implementasi Pusat Sumber Belajar; 4) Memfasilitasi diskusi RPP untuk memastikan penggunaan strategi dan proses pembelajaran; dan 5) Monitoring dan evaluasi keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran, khususnya dalam penerapan strategi dan proses pembelajaran. Keempat, manajemen kepala sekolah dalam pengawasan penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara diantaranya: pertama, melakukan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan strategi membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Kedua, monitoring dan evaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru berdasarkan kriteria minimal pencapaian Tingkat Kompetensi dengan mengacu pada indikator Kompetensi Dasar tiap mata pelajaran. Kelima, manajemen kepala sekolah dalam menangani hambatan dan kendala penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 09 Arga Makmur diantaranya: mengundang nara sumber untuk memberikan informasi melalui sosialisasi dan pelatihan kepada guru-guru mengenai tertip administrasi kurikulum 2013, pembinaan secara personil dengan melakukan supervisi untuk mengecek administrasi guru, memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk mengikuti kegiatan KKG, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pengawas untuk memperdayakan guru secara merata dan berkesinambungan. Sedangkan kesimpulan penelitian ini adalah sebag 
Institution Info

Universitas Bengkulu