Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Harnadi, David
Muhartini, Salim
Seprianti, Eka Putri
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2024-02-19 08:19:40
Abstract :
Keputusan pembelian merupakan tahapan yang dilakukan konsumen
sebelum melakukan keputusan pembelian suatu produk. Keputusan pembelian
sebagai sebuah pendekatan penyelesaian masalah pada kegiatan manusia untuk
membeli suatu barang atau jasa dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannya yang
terdiri dari pengenalan kebutuhan dan keinginan, pencarian informasi, evaluasi
terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian dan tingkah laku setelah
pembelian.
Rumusan masalah penelitian adalah apakah persepsi harga, kebiasaan
berbelanja, brand image dan komitmen konsumen berpengaruh terhadap keputusan
pembelian pakan ternak di Toko M.A Ternak. Sedangkan tujuan penelitian adalah
untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kebiasaan berbelanja, brand image
dan komitmen konsumen terhadap keputusan pembelian pakan ternak di Toko M.A
Ternak.
Penulis melakukan pengukuran keputusan pembelian dengan menggunakan
empat indikator terdiri atas kemantapan pada sebuah produk, kebiasaan dalam
membeli produk, melakukan pembelian ulang dan memberikan rekomendasi kepada
orang lain (Kotler & Keller, 2016). Persepsi harga ditunjukan oleh empat indikator,
yaitu keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing
harga dan kesesuaian harga dengan manfaat (Stanton, 1998). Kebiasaan berbelanja
diukur dengan tiga indikator, yaitu terus menggunakan produk perusahaan, tempat
berbelanja jadi pilihan utama dan sulit menghentikan kegiatan belanja (Polites &
Karahanna, 2012; Amoroso & Lim, 2017), brand image diukur dengan lima
indikator, yaitu atribut, manfaat, nilai, budaya dan kepribadian (Kotler
& Keller, 2016), sedangkan komitmen diukur dengan empat aspek yaitu perasaan
bersalah tidak berbelanja, kesenangan berbelanja, hubungan yang baik dengan toko
dan memiliki manfaat yang besar.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, untuk melihat
pengaruh antar fenomena. responden adalah pelanggan yang sedang berkunjung dan
pelanggan yang pernah berkunjung ke Toko M.A Ternak Argamakmur Kabupaten
Bengkulu Utara, sebanyak 100 orang responden. Pengumpulan data dengan cara
menyebarkan kuesioner dan analisis data menggunakan model regresi linier
berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa persepsi harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Artinya, semakin positif persepsi harga maka keputusan
pembelian semakin tinggi, sebaliknya semakin negatif persepsi harga maka semakin
rendah keputusan pembelian konsumen. Kebiasaan berbelanja berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin baik kebiasaan belanja konsumen
maka keputusan pembelian juga akan semakin tinggi, sebaliknya semakin buruk
kebiasaan belanja konsumen maka keputusan pembelian konsumen juga semakin
rendah. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin
positif penilaian konsumen terhadap citra merek maka keputusan pembelian juga
akan semakin tinggi, sebaliknya semakin negatif penilaian konsumen terhadap citra
merek maka keputusan pembelian konsumen semakin rendah. Komitmen konsumen
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin tinggi
komitmen konsumen maka keputusan pembelian juga akan semakin tinggi,
sebaliknya semakin rendah komitmen konsumen maka keputusan pembelian
konsumen semakin rendah.
Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa variabel persepsi harga, kebiasaan
berbelanja, brand image dan komitmen konsumen berpengaruh terhadap keputusan
pembelian pada Toko M.A Ternak Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara.
Variabel kebiasaan berbelanja memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap
keputusan konsumen dibandingkan dengan variabel lain seperti persepsi harga,
brand image
dan komitmen konsumen. Adapun implikasi bahwa harga yang
ditawarkan Toko M.A Ternak Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara harus tetap
dapat bersaing dengan toko-toko sejenis di Argamakmur, jangan sampai harga
murah yang ditawarkan mengurangi kualitas produk yang dijual. Toko M.A Ternak
dapat melakukan survei harga untuk meningkatkan daya saing. Kenyamanan
konsumen berbelanja perlu terus ditingkatkan, baik dari sisi tata letak produk, suhu
ruangan dan keamanan parkir kendaraan. Peningkatan kenyamanan konsumen
penting menjadi perhatian pihak Toko M.A Ternak.