Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Yanti, Fitri
Effed, Darta Hadi
Syaiful, Anwar
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2024-02-19 08:19:54
Abstract :
Perkembangan teknologi semakin membuat segala kegiatan menjadi lebih
mudah, banyak bermunculan teknologi canggih yang membuat para pelaku bisnis
dapat mengembangkan strategi bisnisnya. Perkembangan teknologi informasi dan
telekomunikasi juga membuat keadaan pasar semakin dinamis, mengharuskan
para pelaku bisnis untuk terus-menerus berimprovisasi dan berinovasi dalam
mempertahankan para pelanggannya. E-Service Quality dirancang sebagai
perluasan dari kemampuan suatu situs untuk memfasilitasi kegiatan belanja,
pembelian, dan distribusi secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan aplikasi e
commerce Tokopedia dan mengetahui kriteria apa saja yang harus diperbaiki dan
ditingkatkan dengan menggunakan integrasi metode E-Servqual dan metode fuzzy.
Penelitian ini terdiri dari 20 indikator dari 6 dimensi diantara lain: efisiensi,
pemenuhan, ketersediaan sistem, privasi, daya tanggap, dan kontak.
Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa harapan
pengguna aplikasi e-commerce Tokopedia sudah sesuai dengan persepsi mereka.
Dari perhitungan pada dimensi diketahui bahwa dimensi fullfilment (Pemenuhan)
yang memiliki nilai negatif dan harus diperbaiki. Dari kriteria perhitungan
defuzzifikasi pada 20 kriteria, kriteria negatif berjumlah 4 dan 16 kriteria lainnya
bernilai positif. Keempat kriteria negatif adalah kriteria yang harus diperbaiki dan
ditingkatkan. Keempat kriteria tersebut adalah menepati janji atas penawaran yang
diberikan, kesesuaian titik lokasi lacak pengiriman produk yang tepat dan up to
date, sistem aplikasi Tokopedia tidak mengalami kegagalan, dan memberikan ruang chat TANYA yang sangat membantu dalam memberikan Informasi dan
pengaduan.