Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Hidayat, Mustika
Trisna, Nurazi
Muhartini, Usman
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2024-02-19 08:20:16
Abstract :
Tujuan dari pemasar menjual produknya agar konsumen tertarik dan
membeli produknya. Lebih jauh lagi, pemasar atau produsen menginginkan
konsumen memiliki loyalitas terhadap produknya tersebut. Loyalitas konsumen
adalah keputusan konsumen untuk sukarela terus berlangganan dengan produk
perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang lama. Penjelasan yang sama juga
diberikan oleh Loyalitas merupakan kesediaan konsumen untuk terus
berlangganan pada perusahaan dalam jangka panjang, dengan membeli dan
menggunakan barang dan jasanya secara berulang-ulang. Secara teoritis, banyak
faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen, seperti kepuasan (satisfaction),
ikatan emosi (emotional bonding), kepercayaan (trust), kemudahan (choice
reduction and habit), dan pengalaman dengan perusahaan (history with company),
seperti kualitas produk dan citra merek produk yang diproduksi perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris pengaruh citra
merek, kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, tujuan lainnya
yang ingin dicapai adalah mengetahui peran mediasi kepuasan konsumen pada
pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data
yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner.
Responden penelitian ini adalah konsumen kapal Api di Kota Bengkulu yang
diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 170 orang. Metode analisis
data digunakan analisis deskriptif dan analisis partial least square (PLS).
Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil bahwa: (1) Citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen produk Kapal
Api di Kota Bengkulu; (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen produk Kapal Api di Kota Bengkulu; (3) Citra
merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk
Kapal Api di Kota Bengkulu; (4) Kepuasan konsumen memiliki peran mediasi
pada pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen produk KapalApi di Kota
Bengkulu dan (5) Kepuasan konsumen memiliki peran mediasi pada pengaruh
kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk Kapal Api di Kota Bengkulu.
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat
diberikan adalah: (1) kualitas produk, sehingga dapat meningkatkan loyalitas
konsumen dan (2) Memperbaiki dan mempertahankan kepuasan pelanggan agar
memiliki loyalitas yang tinggi kepada perusahaan.