DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS JERUK GERGA (RIMAU GERGA LEBONG) DI KABUPATEN LEBONG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Hartoni, Hartoni
Yosi , Fenita
Nusril, Nusril
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2014-12-01 11:40:28 
Abstract :
Penelitian tentang strategi pengembangan agribisnis jeruk gerga di Kabupaten Lebong ini bertujuan untuk menentukan strategi yang sesuai untuk pengembangan agribisnis jeruk gerga dan alternatif strategi pengembangan agribisnis jeruk gerga di Kabupaten Lebong, berdasarkan analisisis SWOT dengan pembobotan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian menggunakan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan interview/kuesioner dengan responden pakar dan pengusaha (pengusaha jeruk gerga.Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis AHP (Analytical Hierarchy Process)dan SWOT. Penentuan strategi pengembangan agribisnis jeruk gerga adalah mendukung strategi agresif (stabilitas pertumbuhan) melalui strategi integrasi horizontal untuk meningkatkan skala ekonomi. Alternatif srategi untuk pengembangan jeruk gerga di Kabupaten Lebong adalah: Strategi S-O terdiri dari: (1) Pengembangan produk dan peningkatan skala usaha melalui perluasan areal dan optimalisasi lahan kebun (2) Penetrasi pasar dengan pemasaran produk buah segar dan pengembangan produk olahan dengan bahan baku yang berkwalitas.(3) Meningkatkan jenis dan variasi produk olahan jeruk gerga. Strategi S-T (Strength-Treaths), adalah strategi menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman, strategi yang diperoleh adalah: (1) Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. (2) Menyediakan bibit unggul berlabel dan sehat. (3) Pemberdayaan masyarakat sekitar dalam usaha pengembangan jeruk gerga. (4) Meningkatkan daya saing produk buah jeruk segar dan produk olahan. (5) Penerapan jaminan mutu dan aman dikonsumsi pada produk buah segar & produk olahan.(6) Pengolahan Produk diperlukan jaminan mutu yang berwawasan lingkungan. Strategi W-O adalah: (1) Pemberdayaan lembaga keuangan /KUT dan rekrutment ketertarikan investor. (2) Meningkatkan kualitas hasil produksi, memperluas pangsa pasar. (3)Pembuatan embung/kolam penampung air di sekitar lahan usaha. (4) Meningkatkan SDM petani. (5) Pembuatan kompos dan pemeliharaan ternak. (6) Melakukan promosi penjualan, periklanan dan pemasaran langsung. Strategi W-T (Weakness-Treaths) yang diperoleh adalah: (1)Menciptakan bauran pemasaran melalui metoda 4 P (Produk, Price, Place & promotion). (2) Meningkatkan SDM petani dan dukungan modal dari pemerintah atau swasta.(3) Memilih saluran distribusi produk dan perluasan pemasaran. (4) Memlih saluran distribusi tujuannya untuk mempermudah konsumen memperoleh produk buah jeruk gerga. 
Institution Info

Universitas Bengkulu