Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Astriani, Astriani
Nurna , Aziza
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2014-12-10 11:36:25
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi dasar. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Sedangkan pemahaman akuntansi dasar diukur berdasarkan nilai pengantar akuntansi I dan nilai pengantar akuntansi II. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi reguler dan non reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu angkatan 2011 dan 2012 sebanyak 419. Sampel pengambilan populasi itu sebanyak 81. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan skala likert, data pengujian hipotesis menggunakan metode analisis linier berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial, Sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman akuntansi dasar (nilai pengantar akuntansi 1 dan nilai pengantar akuntansi 2). Data dianalisis dengan bantuan software SPSS. Berdasarkan hasilnya, dari lima hipotesis yang dikemukakan hipotesis 2 dan 3 diterima yang menyatakan bahwa pengendalian diri, motivasi berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi dasar sedangkan hipotesis 1,4, dan 5 ditolak, yang menyatakan bahwa pengenalan diri, empati, dan keterampilan sosial tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi dasar.