Abstract :
Agustina. NIM: H.1610469 Hubungan kreativitas dan bimbingan orang
tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN
Cipayung 07. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Latar belakang permasalahan
penelitian ini di SDN Cipayung 07 Kabupaten Bogor yakni kurangnya
pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa di kelas dan kurangnya
bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak. Kreativitas dan bimbingan
orang tua menggunakan instrument angket serta hasil belajar siswa menggunakan
nilai yang diperoleh dari hasil karya senirupa mozaik dan kolase. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional
ganda. Data dianalisis menggunakan teknik analisis koefisien korelasi ganda,
koefisien determinasi dan uji signifikansi untuk melihat hubungan yang signifikan
dengan jumlah sampel penelitian 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai Fhitung > Ftabel (14,402 > 3,28), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Hal
ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi ganda antara
variabel X1, X2, dan Y diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,683 , maka dapat
diartikan bahwa derajat hubungan antara kreativitas dan bimbingan orang tua
terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori hubungan sedang atau
cukup. Hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa
tergolong memiliki hubungan signifikan sebesar 46,6%.
Kata Kunci: Kreativitas, Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa