DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KREATIVITAS DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN CIPAYUNG 07
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Agustina, Agustina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-05 03:17:22 
Abstract :
Agustina. NIM: H.1610469 Hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Latar belakang permasalahan penelitian ini di SDN Cipayung 07 Kabupaten Bogor yakni kurangnya pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa di kelas dan kurangnya bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak. Kreativitas dan bimbingan orang tua menggunakan instrument angket serta hasil belajar siswa menggunakan nilai yang diperoleh dari hasil karya senirupa mozaik dan kolase. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional ganda. Data dianalisis menggunakan teknik analisis koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi dan uji signifikansi untuk melihat hubungan yang signifikan dengan jumlah sampel penelitian 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (14,402 > 3,28), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi ganda antara variabel X1, X2, dan Y diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,683 , maka dapat diartikan bahwa derajat hubungan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori hubungan sedang atau cukup. Hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa tergolong memiliki hubungan signifikan sebesar 46,6%. Kata Kunci: Kreativitas, Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa 
Institution Info

Universitas Djuanda