Abstract :
Siti Aisyah. NIM: H. 1611262 pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kompa
Sukabumi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Pendidikan dasar merupakan
tingkatan pendidikan yang sangat krusial bagi seorang siswa. Keberhasilan dalam
pendidikan dasar merupakan tonggak keberhasilan pada pendidikan selanjutnya.
Dalam proses pembelajaran siswa juga diharapkan dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kreatif yang dapat dipergunakan untuk menganalisis pikirannya
dalam menentukan pilihan dan menarik kesimpulan. Rendahnya kemampuan
berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran, salah satu penyebabnya adalah rendahnya
kualitas pendidikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran inkuiri.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten
Sukabumi, khususnya di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
kuasi, desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest Nonequivalent
Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
yaitu 65 siswa dari 2 kelas. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik
wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir uji one sample t-test
pada kemampuan berpikir kreatif IPA diperoleh signifikansi hitung yakni 0,001 <
0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam
mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kompa Sukabumi.
Kata kunci : Berpikir Kreatif, IPA, Model Pembelajaran Inkuiri