Abstract :
Anisa Dhea Sapitri. NIM : H.1610015 Pelayanan Guru Kelas Terhadap
Siswa Lamban Belajar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Guru Kelas
Terhadap Siswa Lamban Belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN Tenjoayu
Cicurug Kabupaten Sukabumi. Menggunakan metode kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa
lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug mencakup 3 hal, yaitu:
(1) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi alokasi waktu
yang belum terlaksana dengan maksimal, yaitu guru kelas telah
melakukan pemberian tambahan waktu untuk penyelesaian tugas pada siswa lamban,
namun belum memberikan tambahan jam suatu mata pelajaran untuk siswa lamban
belajar; (2) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi isi atau
materi belum terlaksana, yaitu guru kelas belum melaksanakan penurunan
tingkat kesulitan materi suatu mata pelajaran dan belum melaksanakan pengurangan
atau penghilangan materi tertentu untuk siswa lamban belajar; (3) Layanan
pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah
terlaksana dengan baik, kecuali dalam hal analisis tugas guru kelas
memberikan tugas yang sama antara siswa lamban belajar dan siswa lainnya. Dari
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa
lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug dalam hal modifikasi proses
belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, namun secara keseluruhan pelayanan
ini belum terlaksana secara maksimal.
Kata kunci: Layanan Guru Kelas, Pendidikan Dasar, Siswa Lamban Belajar.