Abstract :
Asmirul Diwansyah. NIM:H.1610111. Pengaruh Metode Menulis Berantai
(Estafet Writing) Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi di SDN Caringin 02.
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Djuanda Bogor. 2016.
Keterampilan menulis merupakan cara mengelola pemikiran, ide, perasaan dan
kemudian diaplikasikan atau dituangkan melalui karya tulisan yang dapat dinikmati
banyak orang. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan
menggunakan metode menulis berantai, metode menulis berantai adalah bagian dari
metode active learning atau learning by doing yaitu kegiatan pembelajaran yang
tidak membosankan sehingga peserta didik menjadi senang dalam menerima materi
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
metode menulis berantai terhadap keterampilan menulis deskripsi peserta didik di
Kelas IV SDN Caringin 02 Kecamatan Bogor. Sampel penelitian ini sebanyak 46
peserta didik dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan juga
kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunkaan jenis penelitian Kuantitatif,
metode Quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design.
Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, tes dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan temuan berupa metode menulis berantai (estafet
writing) memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi peserta didik
kelas IV SDN 02 Caringin Bogor, yang dibuktikan dari hasil uji independent sample
t test dengan nilai signifikansi 0,010 ? 0,05
Kata Kunci: Keterampilan Menulis dan Metode Menulis Berantai (Estafet
Writing)