Abstract :
Cahyani Hadza Nabilah. NIM: H.1610514 Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Gaya Kelas IV SDN
Bojong Rangkas 02. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan akan menghasilkan kualitas
pembelajaran yang baik, up to date, membuat berpikir kritis, memiliki pemikiran
yang konseptual serta mudah untuk mengakses berbagai sumber belajar. Bersama
dengan teknologi, maka guru harus mewujudkan sebuah pembelajaran berbantu
media pembelajaran agar minat siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat.
Aplikasi articulate storyline merupakan sebuah aplikasi multimedia interaktif
yang dapat digunakan oleh guru atau siswa. Berdasarkan hasil pengamatan
ditemukan bahwa guru menggunakan media benda untuk pembelajaran di kelas
khususnya pada materi gaya, selanjutnya berdasarkan hasil wawancara dengan
guru, guru lebih sering menggunakan media pembelajaran jenis benda, visual dan
proyeksi diam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memvalidasi articulate
storyline sebagai media pembelajaran pada materi gaya. Langkah-langkah
penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan informasi
awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal dan revisi
produk. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil
validasi ahli materi menyatakan media valid dengan rata-rata nilai 79,65%.
Selanjutnya hasil validasi ahli media menyatakan media valid dengan rata-rata
nilai 86,16%. Pada uji coba produk media valid dengan rata-rata 81,93%. Dari
hasil data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa media berbasis articulate
storyline valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Materi Gaya.