DETAIL DOCUMENT
ANALISIS DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI KELAS IV)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Julianti, Debi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-05 03:39:24 
Abstract :
Debi Julianti. NIM: H.1610766 Analisis Dukungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus di Kelas IV). Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020. Siswa slow learner adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang memiliki masalah-masalah dalam belajar. Sehingga perlu adanya dukungan dari siswa reguler atau teman sebayanya untuk memberikan dukungan kepada siswa slow learner. Dukungan tersebut berupa dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan informasi sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa slow learner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan teman sebaya terhadap minat belajar slow learner di SDN Tenjoayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, latar penelitian diambil dengan kondisi yang sesungguhnya (natural setting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi subyek dan obyek penelitian, melakukan wawancara dan melakukan dokumentasi jika diperlukan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa reguler atau teman sebaya pernah memberikan dukungan kepada siswa slow learner, seperti dukungan emosional berupa pemberian semangat, perhatian dan lainnya. Dukungan instrumental berupa pemberian rangkulan, ajakan dan lainya. Dukungan informasi berupa menjelaskan materi yang sulit dipahami, memberitahu ketika jawaban siswa slow learner salah dan lainnya. Siswa slow learner di kelas IVB memiliki masalah-masalah belajar seperti hasil belajar yang rendah, kurang bersemangat ketika belajar, cenderung pendiam dan pasif dalam belajar. Siswa slow learner lebih senang menggambar dibandingkan dengan membaca dan berhitung. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa slow learner seperti kondisi fisik yang cenderung terlihat lemas, kurangnya motivasi dan perhatian orang tua serta malas belajar. Oleh karena itu peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di SDN Tenjoayu khususnya di kelas IVB teman sebaya dan guru kelas telah memberikan dukungannya dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa slow learner. Seperti dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan informasi serta dapat memahami keterbatasanya yang dimiliki oleh siswa slow learner. Kata kunci: Dukungan Teman Sebaya, Minat Belajar Siswa Slow Learner 
Institution Info

Universitas Djuanda