Abstract :
Debi Julianti. NIM: H.1610766 Analisis Dukungan Teman Sebaya
Terhadap Minat Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus di Kelas IV). Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Siswa slow learner adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang
memiliki masalah-masalah dalam belajar. Sehingga perlu adanya dukungan dari
siswa reguler atau teman sebayanya untuk memberikan dukungan kepada siswa
slow learner. Dukungan tersebut berupa dukungan emosional, dukungan
instrumental dan dukungan informasi sebagai upaya meningkatkan minat belajar
siswa slow learner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan
teman sebaya terhadap minat belajar slow learner di SDN Tenjoayu. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, latar penelitian diambil
dengan kondisi yang sesungguhnya (natural setting). Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara mengobservasi subyek dan obyek penelitian, melakukan
wawancara dan melakukan dokumentasi jika diperlukan. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa siswa reguler atau teman sebaya pernah memberikan
dukungan kepada siswa slow learner, seperti dukungan emosional berupa
pemberian semangat, perhatian dan lainnya. Dukungan instrumental berupa
pemberian rangkulan, ajakan dan lainya. Dukungan informasi berupa menjelaskan
materi yang sulit dipahami, memberitahu ketika jawaban siswa slow learner salah
dan lainnya. Siswa slow learner di kelas IVB memiliki masalah-masalah belajar
seperti hasil belajar yang rendah, kurang bersemangat ketika belajar, cenderung
pendiam dan pasif dalam belajar. Siswa slow learner lebih senang menggambar
dibandingkan dengan membaca dan berhitung. Faktor yang mempengaruhi minat
belajar siswa slow learner seperti kondisi fisik yang cenderung terlihat lemas,
kurangnya motivasi dan perhatian orang tua serta malas belajar. Oleh karena itu
peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di SDN Tenjoayu khususnya di kelas
IVB teman sebaya dan guru kelas telah memberikan dukungannya dalam upaya
meningkatkan minat belajar siswa slow learner. Seperti dukungan emosional,
dukungan instrumental dan dukungan informasi serta dapat memahami
keterbatasanya yang dimiliki oleh siswa slow learner.
Kata kunci: Dukungan Teman Sebaya, Minat Belajar Siswa Slow Learner