Abstract :
Dhiya Rizqi Adindha. NIM: H.1610888. Penelitian ini berjudul Pengaruh
Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Peseerta Didik Kelas V di SDN
Parakan Salak. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikan pada kompetensi kepribadian guru dengan prestasi belajar pada kelas V di
SDN Parakan Salak. Latar belakang permasalahan penelitian ini yakni kurangnya
kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh guru dalam prestasi belajar peserta didik.
Prestasi Belajar menggunakan hasil belajar siswa menggunakan nilai yang diperoleh
dari rapor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian korelasional. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas sebanyak 34 peserta
didik. Instrumen penilaiaan dan angket telah memenuhi estimasi uji validitas dan
reliabilitas yang telah ditetapkan. Data dikumpulkan dengan angket yang di berikan
kepada peserta didik dan nilai rapor peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis persamaan regresi, koefisien determinasi dan uji signifikansi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa tidak adanya pengaruh signifikan kompetensi kepribadian guru
dengan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat diketahui melalui perhitungan
analisis uji signifikansi yang menghasilkan thitung (0,368) > ttabel (1,693) maka H0
diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun persentase
pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar sebesar 4%, sedangkan
selebihnya sebesar 96 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Kompetensi, Kepribadian Guru, Prestasi Belajar, Peserta Didik