Abstract :
Dieni Madaniah Julda. NIM : H.1610975 Pengaruh Gaya Mengajar Guru
terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran Tematik mata pelajaran
Bahasa Indonesia pada kelas V di SDIT ASY-SYIFA QOLBU. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Proses di dalam kelas kurang meningkatkan motivasi siswa, terutama dalam
pembelajaran Tematik materi Bahasa Indonesia. Guru masih menggunakan gaya
mengajar secara monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga
pembelajaran dikelas tidak ada motivasi siswa dalam belajar untuk memahami
materi Bahasa Indonesia sangat sulit. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain korelasi fungsional dengan sampel penelitian berjumlah
55 siswa dalam 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket . teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Pengujian hipotesis
menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh Gaya
Mengajar Guru dengan skor rata-rata 85,56, median 86, modus 91, simpang baku
(standar Deviasi)) 5.990, variance 35,880 Rentang skor (Range) 24, skor terendah
75, skor tertinggi 99, dan jumlah skor 4706. Dan Motivasi belajar siswa dengan
skor rata-rata 84,52, median 84, modus 81, simpang baku (standar Deviasi))
6,11269, variance 37,356 Rentang skor (Range) 26, skor terendah 73, skor tertinggi
99, dan jumlah skor 4649. Signifikansi korelasi diperoleh nilai rhitung sebesar 0,879
jika dikonsultasikan dengan rtabel pada tingkat signifikansi 0,05: N (Jumlah
Responden-2) = 53, maka hasil yang diperoleh untuk rtabel adalah 0,879 maka dapat
dikategorikan adanya hubungan yang positif dan sedang antara Gaya Mengajar
Guru memberikan penguatan dengan Motivasi Belajar Siswa. Berdasarkan
pengujian nilai koefisien determinasi didapat koefisien determinasi pada variabel X
(Gaya Mengajar Guru) dan Y (Motivasi Belajar Siswa) sebesar 77,3% itu berarti
ada sekitar 22,7% Motivasi Belajar Siswa yang terdapat hubungan oleh sumber lain
(variabel lain).
Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Gaya Mengajar Guru, Tematik, B. Indonesia.