Abstract :
E.Lita Fitriyani NIM: H. 1610020 Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran
Tematik di Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci tentang kurikulum
pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik dan kendala-kendala
dan solusi dalam keterlaksanaan pembelajaran tematik di SDN Cibaregbeg.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model analisis dari Miles
dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di sekolah dasar
adalah kurikulum 2013, adapun pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I, II, dan
III di SDN Cibaregbeg sudah terlaksana, namun belum maksimal, dikarenakan
ada kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik seperti
kurangnya sumber belajar, terbatasnya sarana dan prasarana, kapasitas siswa di
kelas yang terlalu banyak sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang
efektif, kurangnya kesadaran guru dalam membuat materi pembelajaran,
kurangnya pemahaman peserta didik, Solusi dalam mengatasi kendala
pembelajaran tematik yaitu dengan diadakannya workshop, pelatihan dan KKG
baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah bahwa keterlaksanaan pembelajaran tematik akan mudah diterapkan
apabila guru memiliki kompetensi sebagai pendidik dan mampu untuk kreatif,
inovatif, dan profesional.
Keywords : Analisis, Pembelajaran tematik, Sekolah Dasar