Abstract :
Fajrika Indah Fitawati, NIM H.1610210. Evaluasi program pembelajaran
tematik di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tematik di Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilakukan di SDN Tlajung Udik 03 Kabupaten Bogor menggunakan
metode kualitatif dengan jenis evaluasi model DEM. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data
yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan
data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi
teknik Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan program evaluasi di SDN
Tlajung Udik 03 semua aspek sudah sesuai standar (2) penerapan program tematik
kelas 3 di SDN Tlajung Udik 03 belum semua aspek sesuai standar karena sumber
sarana dan prasarana yang tidak memadai (3) proses program tematik di kelas 3B
dalam keterpaduan capaian tidak sesuai standar karena pada aspek capaian sikap
belum tercapai secara utuh (4) hasil program tematik di SDN Tlajung Udik 03
belum semua aspek tercapai karena tidak terjadi peningkatan dalam semangat
belajar, penghematan waktu, dan peningkatan moralbudi pekerti bagi peserta didik.
Kata Kunci: Evaluasi, Program Tematik, Kurikulum 2013.