Abstract :
Fathya Annesa. NIM: H. 1610481 metode membaca gambar dan suku
kata (gasuka) untuk meningkat kemampuan membaca siswa disleksia dalam kelas
inklusif di SDIF Al Fikri Depok. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan proses penggunaan
metode membaca gambar dan suku kata (gasuka), 2. Mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat menggunakan metode gasuka, dan 3.
Mendeskripsikan kemampuan membaca siswa disleksia. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi
kasus. Dengan teknik pengumpulan data lewat observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Adapun latar dari penelitian ini yaitu Sekolah Dasar Islam
Fitrah Al-Fikri Depok. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran
proses penggunaan metode membaca gambar dan suku kata dalam kelas inklusif
berupa: 1) Proses penggunaan suku kata gasuka yang dilakukan oleh guru
pendamping berupa persiapan penggunaan metode gasuka seperti mnyiapkan
buku dan kartu baca kemudia proses penggunaan dengan memberikan bimbingan
belajar dan memvariasikan dengan permainan, 2) faktor pendukung penggunaan
metode gasuka adalah penggunaan variasi permainan, pemberian reward dan
faktor penghambat penggunaan metode gasuka adalah siswa mengalami gangguan
ADHD, siswa sulit membedakan huruf yang hampir sama, 3) Kemampuan
membaca siswa menjadi lebih baik dimana siswa mampu menggabungkan suku
kata menjadi kata yang sebelumnya siswa sulit untuk mengenail konsep bentuk
huruf.
Kata Kunci: Disleksia, Metode Gasuka, Kemampuan Membaca