DETAIL DOCUMENT
MOTIVASI BELAJAR SISWA DISLEKSIA MELALUI KEGIATAN SENI RUPA DI KELAS III SD ISLAM IBNU HAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Fatmawati, Fatmawati
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-06 02:15:01 
Abstract :
Fatmawati. NIM: H. 1610790 Motivasi belajar siswa disleksia melalui kegiatan seni rupa kelas III SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.2016. Disleksia sebagai gangguan belajar yang spesifik mempengaruhi perkembangan kemampuan aksara dan bahasa. Siswa dengan kebutuhan disleksia mampu untuk berkreasi di bidang seni rupa. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian terkait motivasi belajar dengan tujuan untuk menganalisis motivasi belajar, mendeskripsikan semangat belajar dan faktor pendorong semangat belajar siswa disleksia dalam belajar seni rupa. Studi ini melibatkan guru kelas, guru pendamping khusus, dan siswa ABK disleksia di Sekolah Islam Ibnu Hajar Bogor Katulampa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk memberi motivasi belajar kepada siswa hendaknya dimulai dari guru memberikan penjelasan mengenai tujuan yang akan dicapai. Motivasi belajar tidak hanya diberikan kepada siswa reguler saja, namun siswa dengan kebutuhan khusus juga mendapatkan kesempatan yang sama dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu faktor pendorong semangat belajar dapat diperoleh dari internal maupun eksternal siswa. Kata kunci : Motivasi Belajar, Siswa Disleksia, Seni rupa 
Institution Info

Universitas Djuanda