Abstract :
Hafizd Firman Nugraha, 2020 ? Penerapan Model Think Pair And Share Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN
Cigudeg 02??
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Think Pair And Share Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN
Cigudeg 02. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu Bagaimana
aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Think Pair
and Share, pada materi Peninggalan Sejarah dan bagaimana meningkatkan hasil
belajar IPS dengan menggunakan model Think Pair and Share pada materi
Peninggalan Sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cigudeg 02 kecamatan
Cigudeg Kabupaten Bogor dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang
berjumlah 36 orang. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi, lembar
observasi aktivitas guru dan aktivias siswa. Pengolahan data dilakukan dengan
menghitung presentase hasil tes evaluasi, presentase hasil observasi aktivitas guru,
dan presentase aktivitas siswa. Hasil perhitungan tersebut digunakan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunkan model Think
Pair and Share. Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus adalah sebagai
berikut : siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70
yaitu yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 61,11% yang tidak tuntas sebanyak 14
siswa atau 38,88%, sedangkan siklus II siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan
Minimal yaitu yang tuntas sebanyak 29 siswa atau 80,55% sedangkan yang tidak
memenuhi KKM, yang tidak tuntas yaitu sebanyak 7 siswa atau 19,44%. Aktivitas
siswa dan guru pada pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair and
Share semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Think Pair and Share hasil
belajar pada mata pelajaran IPS terutama pada materi Peninggalan Sejarah dapat
meningkat.
Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial, model Think Pair and Share