Abstract :
Jaihan Safitri. NIM: H.1610023. Implementasi Manajemen Berbasis
Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar (SD).
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi
Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu
Pendidikan SD. Penelitian ini dilakukan pada SDN Pasawahan Cicurug
Kabupaten Sukabumi menggunakan metode kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi MBS di SDN
Pasawahan Cicurug sudah terlaksana dengan baik dan sudah memenuhi
standar yang diselenggarakan secara profesional melalui manajemen
sekolah dengan menghasilkan kesatuan pengelolaan sekolah yang
unggul dan berkualitas; (2) Kurikulum 2013 dilakukan secara utuh,
baik pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik
dengan pengaturan kurikulum dan pembelajaran dengan ciri khas
menerapkan budaya atau kebiasaan literasi kurikulum dengan
pembelajaran berbasis sekolah berpedoman pada prinsip-prinsip
implementtasi manajemen berbasis sekolah; (3) Hubungan sekolah
dengan masyarakat di SDN Pasawahan Cicurug meliputi kegiatan
adanya peran serta orang tua dan masyarakat, komite sekolah, dan
DUDI dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi
manajemen berbasis sekolah.
Kata kunci: Kurikulum, Hubungan sekolah dengan masyarakat, Mutu pendidikan.