Abstract :
Junaedi. NIM: H.1610024.Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya
Sekolah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui
budaya sekolah. Penelitian ini dilakukan pada SDN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi
menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini
berfokus pada pendidikan karakter, sedangkan subfokus penelitian adalah karakter
disiplin dan cinta tanah air. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan
Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa SDN 1 Cicurug telah
mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dan cinta tanah air melalui
budaya sekolah dengan pembiasaan dan keteladanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan
di kelas dan di luar kelas. Hal ini sangat efektif mengingat kegiatan pembiasaan dan
keteladanan dapat dilakukan oleh guru setiap hari, karena pada dasarnya
pembentukan sikap akan tertanamkan jika terus menerus dilakukan secara
berkesinambungan.
Kata kunci: budaya sekolah, cinta tanah air, disiplin, pendidikan karakter