Abstract :
Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir skripsi ini adalah untuk
mengetahui Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Karakter
percaya Diri peserta didik di kelas III SD Negeri 03 Damar. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas III A SD Negeri 03 Damar Kabupaten Belitung
Timur. Di SD Negeri 03 Damar masih terdapat beberapa peserta didik
yang menunjukan rasa kurang percaya diri yang dilihat dari hasil
observasi, wawancara dan pengisian angket. Kurang rasa percaya diri
peserta didik juga dilihat dari kurang berani untuk tampil didepan, malu
mengemukakan pendapat, dan memiliki keyakinan diri yang rendah.
Teknik dalam penelitian ini adalah sampling jenuh.
Data dalam penelitian ini didapatkan melalui hasil dari teknik
pengambilan angket atau instrumen, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebesar 27 peserta didik. Metode
yang digunakan dalam metode ini adalah metode korelasi fungsional.
Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh
metode bercerita dengan karakter percaya diri peserta didik. Hasil data
yang telah dianalisis menghasilkan korelasi atau hubungan sebesar 0,204
dan koefisien determinasi sebesar 0,042 yang artinya terdapat pengaruh
dari variabel bebas (metode bercerita) terhadap variabel terikat (percaya
diri) sebesar 0,042 x 100 = 4,2 %. Dan berdasarkan pada uji t dengan
bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 1,041 > 2,06 maka Ha diterima dan
H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara metode bercerita terhadap
karakter percaya diri peserta didik.