Abstract :
Mega Aprilia. Nim : H. 1610170 Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode DeDisCerTa Siswa Kelas IV SDITASY-SYIFA QOLBU. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca
pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode
DeDisCerTa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca
pemahaman pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi kewajiban asasi dan
hak asasi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi
fungsional metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non
probability sampling jenis purposive sampling, karena ada pertimbangan tertentu dalam
penelitian. Dengan jumlah sampel kelas IV sebanyak 22 peserta didik. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi.
Analisis data untuk variabel X diambil dari angket mengenai respon peserta didik terhadap
metode DeDisCerTa dan untuk data variabel Y diambil dari soal tes mengenai materi
kewajiban dan hak asasi manusia mata pelajaran pendidikan kewarganegaran. Yang
selanjutnya data yang sudah didapatkan di analisis uji normalitas, uji linearitas, uji persamaan
regresi, uji determinasi, dan uji signifikansi. Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan
membaca pemahaman pada pendidikan kewarganegaraan melalui metode DeDisCerTa yang
ditunjukkan dari hasil perhitungan koefisien korelasi data atau persamaan regresi yang
didapat bahwa nilai Fhitung = 124,757 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka
model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel Metode DeDisCerTa atau dengan
kata lain ada pengaruh variabel Metode DeDisCerTa (X) terhadap variabel Kemampuan
Membaca Pemahaman (Y). Adapun nilai determinasi kemampuan membaca pemahaman
pada pendidikan kewarganegaraan melalui metode DeDisCerTa sebesar 86,2 %.
Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode
DeDisCerTa.