DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN LAWANGGINTUNG 1 BOGOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Handayani, Mutiara Fitri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-08 02:07:25 
Abstract :
Mutiara Fitri Handayani. NIM: H.1610640. Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Lawanggintung 1 Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor 2020. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial youtube terhadap motivasi belajar ilmpu pengetahuan sosial siswa kelas V SDN Lawanggintung 1 Bogor. Latar belakang permasalahan penelitian ini di SDN Lawanggintung 1 Bogor yakni masih rendahnya motivasi belajar IPS pada diri siswa. Media sosial dan motivasi belajar siswa menggunakan instrumen angket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi fungsional.. Penelitian ini bersifat adanya pengaruh. sampel penelitian 76 siswa kelas V. Instrumen soal telah memenuhi estimasi uji validitas dan reliabillitas yang telah ditetapkan. Data analisis menggunakan teknik analisis persamaan regresi, koefisien determinasi, dan uji signifikansi menggunakan uji untuk melihat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan media sosial terhadap motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan pengaruh antara variabel media sosial terhadap motivasi belajar siswa memiliki hubungan signifikan sebesar 15% yang artinya kedua variabel tersebut tergolong signifikan. Kata kunci: media sosial, motivasi belajar, siswa 
Institution Info

Universitas Djuanda