Abstract :
Mutiara Fitri Handayani. NIM: H.1610640. Penelitian ini berjudul Pengaruh
Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Lawanggintung 1 Bogor. Skripsi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Djuanda Bogor 2020. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh media sosial youtube terhadap motivasi belajar ilmpu pengetahuan sosial
siswa kelas V SDN Lawanggintung 1 Bogor. Latar belakang permasalahan
penelitian ini di SDN Lawanggintung 1 Bogor yakni masih rendahnya motivasi
belajar IPS pada diri siswa. Media sosial dan motivasi belajar siswa menggunakan
instrumen angket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian korelasi fungsional.. Penelitian ini bersifat adanya pengaruh.
sampel penelitian 76 siswa kelas V. Instrumen soal telah memenuhi estimasi uji
validitas dan reliabillitas yang telah ditetapkan. Data analisis menggunakan teknik
analisis persamaan regresi, koefisien determinasi, dan uji signifikansi
menggunakan uji untuk melihat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan media sosial terhadap motivasi
belajar siswa. Dapat disimpulkan pengaruh antara variabel media sosial terhadap
motivasi belajar siswa memiliki hubungan signifikan sebesar 15% yang artinya
kedua variabel tersebut tergolong signifikan.
Kata kunci: media sosial, motivasi belajar, siswa