Abstract :
Nadra Oktarini Erza. NIM: H.1610866. Dampak Penggunaan Game
Online Pada Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Program
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Djuanda Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Pengguna Game Online
Pada Konsentrasi Belajar di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di
SDN Gunungputri 04 menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman
yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan
data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan : Beberapa
siswa di SDN Gunungputri 04 mempunyai kebiasaan memainkan game online di
rumah dan ada juga yang bermain game online di warnet, jenis game online yang
dimainkan yaitu First Person Shooter (FPS) dan RPG (Role Play Game), game
online ini merupakan game aksi yang memainkannya dengan tembak ? menembak
dan memainkan tokoh khayalan. memainkannya dengan tembak ? menembak dan
memainkan tokoh khayalan. Orangtua dari siswa ada yang tidak mengetahui jika
anaknya gemar bermain game online, biasanya siswa bermain game online pada
siang hari setelah pulang dari sekolah, setelah pulang sekolah mereka tidak belajar
ulang pelajaran dari sekolah dan langsung bermain game online di rumah atau di
warnet karena menurut siswa bermain game online itu sangat seru dan
menyenangkan. Bermain game online kadang membuat siswa terganggu untuk
melakukan aktivitas lain. Guru menyatakan bahwa mereka kurang konsentrasi
dalam belajarnya,. ketika di dalam kelas pun mereka jarang untuk bertanya kepada
gurunya saat tidak mengerti pelajaran yang sedang berlangsung, saat ujian di kelas
beberapa siswa kadang ada yang tidak mengerti untuk mengisinya, hal tersebut
menyebabkan nilai ujian siswa yang rendah, namun ada beberapa siswa yang
nilainya cukup tinggi.
Kata kunci : Game Online, Konsentrasi Belajar