DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 17 TANJUNGPANDAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Watimah, Puji
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-08 02:32:30 
Abstract :
Puji Watimah. NIM: H.1610572 Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas V SDN 17 Tanjungpandan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Pendidikan berfungsi untuk membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya sendiri. Dalam pendidikan terdapat proses belajar mengajar, salah satu point pentingnya adalah membaca. Pada kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari kegiatan membaca. Membaca merupakan salah satu langkah terpenting dalam menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang diharapkan.Untuk itu pentingnya penanaman budaya membaca sejak dini perlu dilaksanakan agar peserta didik terbiasa dengan aktivitas membaca dan memiliki rasa kesadaran akan kebutuhannya terhadap buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan literasi membaca terhadap minat baca peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Tanjungpandan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan desain penelitian kolerasi fungsional. Dalam pengumpulan data, data dikumpulkan menggunakan angket kuesioner dan wawancara terstruktur sebagai data pendukung dengan jumlah responden seluruh peserta didik kelas V SDN 17 Tanjungpandan sebanyak 55 peserta didik. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara literasi membaca terhadap minat baca peserta didik diketahui nilai thitung 4,031 > 2,005 ttabel atau nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf kesalahan 5% dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh sebesar 37,2% sedangkan 62,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan literasi membaca terhadap mina baca peserta didik. Kata kunci: Literasi Membaca, Minat Baca 
Institution Info

Universitas Djuanda