Abstract :
Puji Watimah. NIM: H.1610572 Pengaruh Literasi Membaca Terhadap
Minat Baca Peserta Didik Kelas V SDN 17 Tanjungpandan. Skripsi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda Bogor. 2020.
Pendidikan berfungsi untuk membantu peserta didik dalam pengembangan
dirinya, yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik
pribadinya ke arah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya sendiri.
Dalam pendidikan terdapat proses belajar mengajar, salah satu point pentingnya
adalah membaca. Pada kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari kegiatan
membaca. Membaca merupakan salah satu langkah terpenting dalam menentukan
berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang diharapkan.Untuk itu pentingnya
penanaman budaya membaca sejak dini perlu dilaksanakan agar peserta didik
terbiasa dengan aktivitas membaca dan memiliki rasa kesadaran akan kebutuhannya
terhadap buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan
literasi membaca terhadap minat baca peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri
17 Tanjungpandan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif deskriptif, dengan desain penelitian kolerasi fungsional. Dalam
pengumpulan data, data dikumpulkan menggunakan angket kuesioner dan
wawancara terstruktur sebagai data pendukung dengan jumlah responden seluruh
peserta didik kelas V SDN 17 Tanjungpandan sebanyak 55 peserta didik. Hasil
analisis yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan antara literasi membaca terhadap minat baca peserta didik diketahui nilai
thitung 4,031 > 2,005 ttabel atau nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf
kesalahan 5% dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima, terdapat pengaruh sebesar 37,2% sedangkan 62,8% ditentukan oleh faktor
lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa dari
penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan literasi membaca terhadap mina baca
peserta didik.
Kata kunci: Literasi Membaca, Minat Baca