Abstract :
Rahmawati. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Kemampuan
Analisis Konsep IPA Kelas V Sekolah Dasar Sundawenang. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan kemampuan berpikir
analisis siswa kelas V Sekolah Dasar di Desa Sundawenang Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis penggunaan media konkret dalam pembelajaran IPA
di kelas V SD Sundawenang, menganalisis kemampuan konsep IPA siswa kelas V
Sekolah Dasar Sundawenang, serta membuktikan pengaruh penggunaan media
konkret terhadap kemampuan analisis konsep IPA kelas V SD Sundawenang.
Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang
digunakan adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dengan
rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan uji
two-sample Independen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas V SDN se-desa Sundawenang sebanyak 278 siswa yang terdiri dari
SDN Negeri 1 & 2 Pakuhaji, SDN 2 Parungkuda, SDN Batu Kacapi, SDN Leuwi
orok, dan SDN Sundawenang, dengan sampel yang digunakan yaitu SDN 2
Parungkuda sebanyak 66 siswa dalam penelitian ini adalah kelas V-A sebagai
kelompok eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas V-B sebagai kelompok
kontrol sebanyak 33 siswa, pemilihan sampel dilakukan dengan simple random
sampling atau pengundian secara acak. Berdasarkan hasil posttest diperoleh
bahwa rata-rata kemampuan analisis konsep IPA siswa dengan menggunakan
media konkret lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan analisis konsep
IPA siswa menggunakan media gambar (kelompok kontrol). Rata-rata nilai
pretest kelompok eksperimen sebesar 41,39 sedangkan rata-rata nilai pretest
kelompok kontrol sebesar 39,06 Setelah dilakukan tindakan pada kedua
kelompok, maka diperoleh rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 48,88
dan kelompok kontrol yaitu 59,03 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya
Pengaruh Kemampuan Analisis Konsep IPA Siswa dengan Menggunakan Media
Konkret, berdasarkan hasil uji-t Independent Sampel T-Test diperoleh nilai
signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,002 maka nilai sig. < 0,05
(0,002 < 0,05) maka Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan terdapat
pengaruh media konkret terhadap kemampuan analisis konsep IPA.
Kata kunci: kemampuan analisis, konsep IPA, media konkret