Abstract :
Santi. NIM. H.1610313. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan
Membaca Pada Siswa Kelas III SDN Kertamaya. Skripsi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2020
Strategi mengajar adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana
mengajar. Artinya, usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel
pengajaran (tujuan, bahan, metode dan alat, serta evaluasi) agar dapat
mempengaruhi siswa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan
guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas III
SDN Kertamaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
(Studi Kasus) kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara,
digunakan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan
membaca pada siswa kelas III. Serta metode dokumentasi untuk
mendapatkan data-data seperti, struktur organisasi, jumlah siswa, serta
kelengkapan sarana prasarana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Strategi yang guru berikan
yakni dengan memberikan pelayanan bimbingan khusus kepada siswa, dan
menerapkan strategi membaca permulaan. (2) Hambatan dalam penerapan
strategi yang dialami guru , yaitu : sikap siswa terhadap belajar, motivasi
belajar, kesiapan siswa dalam belajar, dan konsentrasi belajar siswa. (3)
Faktor kesulitan membaca, diantaranya: faktor lingkungan, faktor
intelektual, dan faktor psikologis.
Kegunaan penelitian ini yaitu, dapat dijadikan sumber bahan yang
penting bagi para peneliti khususnya di bidang pendidikan, serta dapat
memperkaya khazanah keilmuan khususnya mengenai strategi guru dalam
mengatasi kesulitan membaca.
Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca,Siswa