Abstract :
Sholihat Seftiani: H.1611196 ?Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri Cijujung 03? Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2020
Kurangnya keterampilan guru dalam melaksanakan strategi
pemebelajaran sehingga siswa cepat bosan dan jenuh ketika belajar di kelas.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui,
pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri
Cijujung 03. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian korelasi fungsional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas atas diantaranya kelas IV.A,IV.B, dan kelas V. Dengan
menggunakan teknik simpel random sampling (acak) dengan jumlah responden 85
siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket kuesioner. Hasil
analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara profesionalisme
guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Diketahi bahwa
nilai 3,579 >1,988 dengan taraf kesalahan adalah 5% dengan hasil
signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka sesuai dengan hasil keputusan Ha diterima
dan Ho ditolak. Sehingga adanya pengaruh profesionalisme guru terhadap
motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Selain itu bentuk persamaan
regresi linear sederhana diperoleh Y= 69,668 + 0,314X. Besarnya pengaruh
profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13,4% sedangkan
86,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap motivasi belajar
siswa, maka semakin baik peningkatan profesionalisme guru, maka baik pula
tingkat motivasi belajar siswa yang dihasilkan di SD Negeri Cijujung 03.
Kata kunci: Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar