Abstract :
Syifa Khoerotunnissa, NIM: H.1610659 Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter
Peserta Didik di SDIT Ar-Rahmah. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang upaya sekolah dalam pelaksanaan budaya
religius serta peran guru dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Islam
Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus. Data dikumpulkan melalui Teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan
dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model Analisis Miles Huberman melalui
komponen analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini telah
menemukan tiga Peran sekolah dalam pembentukan dan pengembangan budaya religius Islam di
SDIT Ar-Rahmah. melalui budaya religius yakni, temuan pertama membuat program harian,
program mingguan, dan ;program bulanan yang harus dilaksanakan seluruh insan di sekolah.
Temuan dua, peneliti menemukan 13 peran guru dalam membentuk karakter peserta didik
diantaranya sebagai pendidik, penasehat, pembimbing, penyusun program, model, pengontrol,
evaluator, motivator, pengelola pembelajaran, pengelola kelas, komunikator, informator, dan
fasilitator. Temuan tiga,, peneliti menemukan upaya sekolah dalam menumbuhkan karakter jujur
dan kesopanan atau hormat yang dimiliki oleh peserta didik. Yakni, adapun kegiatan yang
bernilai positif, meningkatkan kondisi keimanan di lingkungan sekolah dan memperkenkan
norma atau peraturan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik.
Kata kunci: Budaya religius, pembentukan karakter, peserta didik