Abstract :
Tresna Fitri Gumelar. NIM : H.1611212 Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan
Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Puraseda 01. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan
berbahasa atau berkomunikasi, baik dengan berbicara (lisan) ataupun menulis
(tulisan). Penelitian kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis pada
siswa kelas 5 SD Negeri Puraseda 01 disajikan dalam jenis penelitian kuantitatif,
model penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau
tidaknya hubungan kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis siswa
melalui karangan narasi berdasarkan aspek apa, kapan, dimana, siapa, mengapa
dan bagaimana, pada pembelajaran tematik tema 7 semester genap. Adapun
subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas 5 SD Negeri puraseda 01,
yaitu sebanyak 29 orang diantaranya 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan,
sesuai jumlah siswa yang ada dalam satu kelas. Data yang dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi, tes kecerdasan linguistik dan tes unjuk kerja
keterampilan menulis, dan dokumentasi. Pengolahan data pada penelitian ini
menggunakan program SPSS versi 25. Setelah data dinyatakan berdistribusi
normal dan linear, maka dilanjutkan pada uji regresi sederhana variabel X
(kecerdasan linguistik) dengan variabel Y (keterampilan menulis) untuk
mengetahui hubungan antar variabel tersebut. Didapat nilai korelasi/hubungan
yaitu sebesar 0,040. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,040
rtabel atau
0,384> 0,367, maka Ha diterima dan H? ditolak.
Kata kunci: kecerdasanlinguistik(bahasa), keterampilan menulis