Abstract :
Ulandari. NIM. H.1610187. Hubungan Sikap Percaya Diri Siswa
dengan Kemampuan Speaking Siswa Kelas III SDIT Raudlatul Jannah Ciawi
Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keterhubungan sikap percaya diri siswa dengan
kemampuan speaking siswa kelas III SDIT Raudlatul Jannah Ciawi Bogor. Latar
belakang permasalahan pada penelitian ini di SDIT Raudlatul Jannah Ciawi Bogor
yakni, Banyaknya siswa yang kurang percaya diri dalam kemampuan speaking
dikarenakan antusias siswa yang kurang pada pembelajaran Bahasa Inggris,
kurangnya pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas dan adanya
kesulitan guru saat kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional
yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dari sikap percaya diri
siswa dengan kemampuan speaking siswa kelas III SDIT Raudlatul Jannah Ciawi
Bogor. Data dianalisis menggunakan teknik analisis koefisien korelasi, koefisien
determinasi dan uji signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil
pembahasan yang telah dilakukan dengan jumlah sampel penelitian 84 siswa, hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung < rtabel (0,400 ? 0,599) dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap percaya
diri siswa dengan kemampuan speaking siswa kelas III SDIT Raudlatul Jannah
Ciawi Bogor. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi
antara sikap percaya diri siswa dengan kemampuan speaking siswa tingkat
keeratan variabel X dan Y diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,422, maka dapat
diartikan bahwa derajat hubungan antara Sikap Percaya Diri Siswa dengan
Kemampuan Speaking Siswa adalah cukup kuat. Hubungan sikap percaya diri
siswa dengan kemampuan speaking siswa tergolong memiliki hubungan
signifikan sebesar 0,178 yang artinya mempunyai 17,8% variabel sikap percaya
diri siswa berhubungan dengan kemampuan speaking siswa, sisanya yaitu 82,2 %
dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji pada penelitian kali ini.
Kata Kunci : Sikap percaya diri, kemampuan speaking siswa