Abstract :
Wahyu Eka Febriati. NIM: H.1610724 Technological Pedagogical Content
Knowledge Guru di SD Amaliah Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor.
2020.
Guru merupakan unsur yang paling penting dalam menentukan kualitas
pembelajaran. Di era Revolusi Industri 4.0 dengan perkembangan teknologi yang
semakin cepat, guru dituntut harus menguasai pengetahuan teknologi, pedagogik,
dan konten dalam menyampaikan pembelajaran. Perpaduan antara tiga komponen
yang harus dikuasai oleh guru ini sering disebut dengan Technological Pedagogical
Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan pengetahuan yang dibutuhkan
oleh guru untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran materi tertentu,
menjadi suatu paket yang utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
TPACK guru di SD Amaliah Bogor. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode
survey. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 guru. Pengumpulan data pada penelitian
ini dilakukan dengan teknik survey menggunakan instrument kuesioner. Dan
dianalisis dengan teknik interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru di SD Amaliah Bogor
menguasai seluruh 7 komponen TPACK yang terdiri dari: (1) Technological
Knowledge; (2) Content Knowledge; (3) Pedagogical Knowledge; (4) Pedagogical
Content Knowledge; (5) Technological Content Knowledge; (6) Technological
Pedagogical Knowledge; (7) Technological Pedagogical Content Knowledge.
Sehingga dapat dikatakan bahwa TPACK guru di SD Amaliah Bogor sudah baik
dengan persentase 80,40 % Hal ini menunjukkan bahwa guru di SD Amaliah Bogor
sudah baik dalam pengintegrasian teknologi ke dalam pembelajaran.
Kata kunci: Guru, TPACK, SD Amaliah Bogor