Abstract :
Permatasari Arista, Wanda. NIM: H.1711370 Meningkatkan
Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan metode Speed Reading pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Tajur 01. Skripsi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda Bogor. 2020.
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan
peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar
sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Berdasarkan fakta yang ada, penyebab
masalah dalam pembelajaran yang dihadapi siswa kelas V SDN Tajur 01 dalam
membaca yaitu masih banyak siswa yang belum lancar membaca yaitu masih
membaca menggunakan suku kata dan belum bisa membaca cepat karena guru
dikelas tersebut belum pernah menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran
bahasa indonesia dan guru masih menerapkan membaca dengan menggunakan
satu suku kata dan belum bisa membaca dengan cepat dan memahami isi bacaan
dengan cepat. Ada beberapa metode membaca yang telah dikembangkan
danditerapkan dalam berbagai penelitian, salah satunya adalah metode SQ3R.
SQ3R adalah singkatan dari Survey ? Question ? Read ? Recite - Review (SurveiPertanyaan-Membaca-Menceritakan-Meninjau). Metode SQ3R merupakan suatu
sistem belajar yang terkenal secara luas yang mudah di adaptasikan dengan tugastugas membaca. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa nilai presentase
hasil kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia demgan
menggunakan metode SQ3R pada siklus I diketahui bahwa sebanyak 19 siswa
tuntas belajar nya (61,2%). Sedangkan 12 siswa tidak tuntas (38,7%). Lalu pada
siklus II diketahui jumlah siswa sebanyak 27 siswa tuntas (87,0%). Sedangkan 4
siswa tidak tuntas (12,9%). Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I
(61,2%) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (87,0%). Dari hasil
penelitian tindakan kelas melalui siklus I sampai siklus II dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan bacaan dan soal teks melalui tema wujud benda dan
ciri nya pada pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan hasil belajar
bahasa indonesia dan aktvitas siswa kelas V SDN Tajur 01 Bogor.
Kata kunci : Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia, Metode SQ3R