Abstract :
Yani Hernawati, NIM. H1610195 Interaksi sosial siswa slow learner dalam
pembelajaran matematika di kelas inklusif SDIP Daarul Jannah Cibinong
Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui interaksi sosial siswa slow learner
dengan guru di kelas inklusif dalam pembelajaran matematika di kelas VI-D SDIP
Daarul Jannah, 2. Mengetahui interaksi sosial siswa slow learner dengan GPK
dalam pembelajaran matematika di kelas pull out SDIP Daarul Jannah, dan 3.
Mengetahui faktor pendorong dan penghambat interaksi sosial siswa slow learner
dalam pembelajaran matematika di kelas inklusif Daarul Jannah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dengan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini yaitu (1) Interaksi sosial siswa
slow learner dengan guru yaitu pada saat appersepsi awal pembelajaran seperti
mengucapkan salam, memberikan motivasi, dan menumbuhkan partisipasi siswa.
Dan penyajian materi pelajaran secara berulang, pemberian tugas tambahan, dan
pembelajaran one to one di kelas pull out. (2) Faktor pendorong siswa slow
learner yaitu pertama motivasi dari diri sendiri dan semangat, kedua dukungan
keluarga. (3) Faktor penghambat yaitu pertama intelegensi rendah seperti siswa
masih sulit untuk memahami materi yang bersifat abstrak, sulit untuk menghafal
rumus dan sulit memahaminya, tidak fokus dalam pembelajaran, kedua tidak
percaya diri dan ketiga belum bisa memanajemen waktu.
Kata kunci : Interaksi sosial, siswa slow leraner, matematika.