Abstract :
Yayah Choeriyah : NIM : H.1611207, ?Upaya Meningkatkan Kemampuan
Menyimak Cerita Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual di Kelas V
SDN Gunung Bunder 05 Kecamatan Pamijahan? Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda. 2020
Berdasarkan observasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN
Gunung Bunder 05 Kecamatan Pamijahan diperoleh informasi masalah antara lain
terlihat siswa tidak konsentrasi untuk menyimak, tidak tertarik dalam
pembelajaran dan tidak fokus apa yang disampaikan guru. Terutama ketika guru
mengajukan pertanyaan banyak siswa yang masih bingung dan siswa kesulitan
menjawab soal cerita. Hal ini yang menyebabkan hasil kemampuan menyimak
siswa masih rendah. Dari jumlah siswa 29 siswa kels V, 13 orang siswa atau
44,83% yang mendapat nilai di atas 67 sedangkan 16 orang siswa atau sebesar
55,17% mendapat nilai dibawah 67. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini yaitu: untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Media Pembelajaran Audio
Visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN
Gunung Bunder 05 Kecamatan Pamijahan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan tes
pascatindakan siklus I dapat diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata
ketuntasan dari tes pratindakan ke tes pascatindakan siklus I yaitu dari 44.83% (13
orang siswa) menjadi 68.97%. (20 orang siswa) Kemudian pada siklus II terjadi
lagi peningkatan rata-rata ketuntasan (KKM) menjadi 96,30% (26 orang siswa).
Berdasarkan uraian pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media audio visual dapat meningkatkan hasil kemampuan menyimak cerita anak.
Seluruh siswa kelas V SDN Gunung Bunder 05 Pamijahan-Bogor sudah
memenuhi batas nilai minimal, sehingga penelitian tidak dilanjutkan ke siklus III,
dan dihentikan pada siklus II. Demikian juga pada guru. Berdasarkan hasil
penilaian dalam kegiatan refleksi yang dilakukan oleh dua orang observer sebagai
teman sejawat dalam menilai keaktifan guru pada siklus 1 dan 2, disimpulkan
bahwa terjadi perubahan keaktifan guru pada siklus 2 diabandingkan dengan
keaktifan guru pada siklus 1. Hal ini dibuktikan dari perolehan skor rata-rata
keaktifan guru yang menunjukkan angka sebesar 6,9 pada siklus 1 dan mengalami
kenaikan menajdi 7,1 pada siklus 2. Dengan demikian untuk keaktifan guru
dinyatakan sudah baik
Kata Kunci : kemampuan menyimak, cerita, audio visual