Abstract :
Yessiana Dwi Maulidini. NIM: H.1610654 Pengaruh Literasi TIK
Terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di SD
Amaliah Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan Teknologi,
Infomasi, dan Komunikasi (TIK) dalam segala segi kehidupan. Guru dalam
pembelajaran abad 21 diharapkan dapat menguasai pengetahuan teknologi,
pedagogi, dan konten dalam menyampaikan pembelajaran. Berdasarkan fakta
yang ada masih banyak guru yang tertinggal dalam hal penggunaan teknologi
untuk penyampaian pembelajaran, rendahnya kompetensi pedagogi guru serta
kurangnya pemahaman dalam penyampaian konten pembelajaran menjadi
permasalahan tersendiri dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh Literasi TIK terhadap TPACK guru di SD
Amaliah Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian korelasi fungsional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31
guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala Likert.
Data dianalisis menggunakan teknik analisis persamaan regresi, koefisien
determinasi, dan uji signifikansi untuk melihat pengaruh antara literasi TIK
terhadap TPACK. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji normalitas sebesar 0,200
dan nilai uji linearitas sebesar 0,181 sehingga analisis data dilakukan dengan
parametrik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel literasi
TIK dengan TPACK guru memiliki pengaruh signifikan sebesar 14,21%.
Kata Kunci: TPACK, Literasi TIK, Guru