Abstract :
Yosan Alfia Ningsih. NIM : H.1611026 Pengaruh model pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN
Parakan 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Masalah dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan menggunakan Posttest-Only Control Design dengan jumlah siswa kelas
eksperimen sebanyak 23 siswa dan kelas kontrol 23 siswa. Analisis data diambil
dari hasil ulangan siswa dan hasil belajar siswa melalui posttest yang dilanjutkan
analisis uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan pada kelas III SDN Parakan 01 menunjukkan adanya pengaruh
yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics
Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics
Education (RME) diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 67,17 dan
nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,74. Adapun hasil uji t-test dengan
menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% pada hasil
belajar diperoleh 0,005 < 0,05. Hal tersebut menyatakan bahwa model yang
digunakan dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar kelas III di SDN Parakan 01
Ciomas Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Realistic Mathematic Education