DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS KUNYIT (Curcuma domestica Val.) di GAPOKTAN JAYA BAKTI DESA MEKAR JAYA KECAMATAN CIEMAS KABUPATEN SUKABUMI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
KUSYADI, SIDIK
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2021-11-05 09:22:19 
Abstract :
SIDIK KUSYADI (A.1510598). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Komoditas Kunyit (Curcuma domestica Val.) di GAPOKTAN Jaya Bakti Desa Mekar Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. (Di bawah bimbingan Ita Novita dan Himmatul Miftah) Tanaman obat atau tanaman biofarmaka adalah jenis tanaman hortikultura yang saat ini sedang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku obat herbal yang mengalami permintaan yang tinggi. Salah satu jenis tanaman biofarmaka adalah Kunyit (Curcuma domestica Val.). Kunyit memiliki banyak manfaat sebagai obat dan bumbu masak. Salah satu daerah penghasil Kunyit ialah Kabupaten Sukabumi, salah satunya yang dihasilkan oleh petani Gapoktan Jaya Bakti Kecamatan Ciemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pendapatan usahatani Kunyit di Gapoktan Jaya Bakti, (2) Saluran pemasaran (3) Menganalisis efisiensi pemasaran komoditas Kunyit. Lokasi penelitian ialah wilayah petani Kunyit yang tergabung dalam Gapoktan Jaya Bakti di Kabupaten Sukabumi, dengan jumlah sampel yang diambil ialah 30 petani Kunyit dari jumlah 100 populasi petani yang ada di Gapoktan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan petani Kunyit atas biaya tunai dengan luas lahan rata-rata 4.269 m2 sebesar Rp1.117.511,11 dan biaya total Rp 1.013.877,78 dengan R/C masing 1,14 dan 1,13 untuk biaya total, nilai tersebut menunjukan usahatani Kunyit di Gapoktan Jaya Bakti menguntungkan. Terdapat 4 saluran pemasaran Kunyit terdiri dari petani, pedagang pengumpul, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, pengecer. Fungsi pemasaran yang dilakukan setiap lembaga pemasaran ialah fungsi pertukaran, fisik dan fasilitas. Efisiensi pemasaran dapat dilihat dari sisi petani dan pedagang, dari sisi petani saluran pemasaran 4 ialah saluran paling efisen dan dari sisi pedagang saluran pemasaran 2 yang paling efisien. Kata Kunci : Pendapatan, R/C rasio, efisiensi pemasaran, farmer?s share, marjin pemasaran 
Institution Info

Universitas Djuanda