Abstract :
ABSTRAK
RIO JANTINUS SIHOTANG. A.1410949. Analisis Kinerja Gapoktan
Berdasarkan Tingkat Kepuasan Anggota dan Karyawan (Studi Kasus Gapoktan
Rukun Tani, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor). Di bawah
bimbingan Apendi Arsyad dan Siti Masithoh.
Gapoktan menjadi salah satu andalan bagi pemerintah dalam hal mendekati petani
secara langsung. Penelitian ini dilakukan di Gapoktan Rukun Tani dengan tujuan
penelitian ini untuk melihat keragaan dan kondisi lingkungan, mengetahui kinerja
gapoktan berdasarkan tingkat kepuasan karyawan dan anggota serta
merekomendasikan langkah strategis bagi gapoktan untuk peningkatan kinerja di
masa mendatang. Metode penelitian ini dengan purvosive sampling untuk lokasi
dan responden penelitian. Metode pengumpulan data meliputi data primer
(observasi lapangan dan wawancara dengan kuisioner) dan data sekunder (studi
literatur). Dianalisi secara deskriptif pada keragaan dan kondisi lingkungan
gapoktan. Dilakukan analisi kinerja berdasarkan tingkat kepuasan karyawan dan
anggota dengan menggunakan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI),
Importance Performance Analysis (IPA) dan Service Quality yang kemudian
diolah dengan menggunakan Microsoft excel 2010 dan Software SPSS 22.
Rekomendasi strategi dengan secara deskriptif berdasarkan kepuasan karyawan
dan anggota terhadap Gapoktan, direkomendasikan berdasarkan penelitian ini.
Hasil yang diperoleh keragaan Gapoktan Rukun Tani telah memiliki struktur
organisasi dan perangkat organisasi dan adanya kegiatan yang menunjang
perkembangannya. Kinerja Gapoktan berdasarkan karyawan dan anggota
menunjukkan pada posisi puas pada nilai CSI 0,75 dan 0,70. Namun masih ada
hal yang perlu diperhatikan oleh Gapoktan. Melihat hasil IPA menunjukkan dari
karyawan dan anggota masih perlu adanya perbaikan dan hasil service Quality
masih pada posisi negatif. Serta perlu adanya langkah strategis yang dilakukan
dalam hal meningkatkan loyalitas anggota dan karyawan baik dalam pelengkapan
fasillitas pada karyawan dan sosialisasi pada anggota Gapoktan.
Kata Kunci : Kinerja, Kepuasan, CSI, IPA, Service Quality