Abstract :
ABSTRAK
Febryta Nurafriani. NIM : H.1610515 Peran Media Sosial Tiktok Dalam Perubahan Perilaku
Sosial Peserta Didik Kelas V SDN Cibuluh 6 Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Media sosial merupakan media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan
sosial secara online di internet. Perilaku sosial adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan
orang lain, atau suatu kegiatan berkaitan dengan pihak lain, memerlukan sosialisasi dalam hal
berperilaku yang harus orang lain terima. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. menggambarkan
bagaimana kegunaan media sosial TikTok bagi peserta didik, 2. dampak yang ditimbulkan dari
media sosial terhadap penggunaan TikTok, 3. pola perilaku sosial peserta didik kelas V di SDN
Cibuluh 6 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibuluh 6 Bogor. Subjek dari penelitian ini
adalah peserta didik kelas V (lima) yaitu sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa Peserta didik kelas V
menggunakan media sosial tiktok sebagai media komunikasi seperti berkomentar dan mengirim
pesan dan sebagai jejaring sosial seperti mengunggah video tarian, video lambat, dan transisi.
Dampak positif TikTok bagi peserta didik yaitu untuk 1) memperbanyak pertemanan dari
berbagai pulau, tepatnya peserta didik kelas VB menjalin pertemanan dengan pengguna lain dari
pulau jawa, kalimantan, dan sulawesi, 2) sebagai media melatih keterampilan bersosial dan
membuat peserta didik lebih percaya diri, 3) Tiktok sebagai media hiburan untuk melihat video?video yang humor. Sedangkan TikTok menimbulkan dampak negatif bagi peserta didik kelas VB
seperti 1) mempengaruhi perilaku sosial, 2) menimbulkan perilaku Apatis (Cuek), 3) merusak
moral peserta didik dengan melihat video yang kurang pantas untuk dilihat anak seusianya, 4)
mempengaruhi otak dan gaya Bahasa peserta didik kelas VB, terdapat Bahasa yang kurang
pantas untuk didengar, 5) menurunkan minat belajar, menjadi sulit untuk diperintahkan belajar
karena kecanduan bermain Tiktok. Pola perilaku peserta didik kelas VB, 1) memperlihatkan
perilaku kepedulian (Simpati) dengan menunjukan perilaku mudah bergaul dan ramah, 2) Peserta
didik kelas V memperlihatkan perilaku empati dengan menunjukan rasa iba ketika ada orang lain
yang terkena musibah dan kesusahan. 3) memperlihatkan perilaku akrab terhadap teman sebaya,
guru, dan kepala sekolah serta orang terdekatnya seperti keluarga.
Kata Kunci : Media Sosial Tiktok, Perubahan Perilaku Sosial Peserta Didik